Powered By Blogger
Find out more about endangered species

Cari Blog Ini

Senin, 25 Januari 2010

Tembakau Solusi Krisis Energi dan Lingkungan


INILAH.COM, Jakarta – Peneliti Amerika menggunakan tembakau sebagai bahan bakar alternatif. Bahan kimia tembakau potensial menunjang industri dan kendaraan selain sebagai bahan baku rokok yang berbahaya bagi lingkungan.

Kelompok peneliti di Philadelphia Amerika mempunyai rencana radikal untuk bahan bakar alternatif dari tanaman. Ide baru yang ditawarkan untuk kendaraan masa depan tidak hanya datang dari alkohol, bunga matahari atau alga. Ilmuwan mengajukan bahwa mereka akan mengembangkan bahan bakar dari tembakau.

“Tembakau adalah bahan bakar bio yang sangat menarik karena selain digunakan untuk produksi bahan makanan ternyata bisa untuk tenaga pendorong kendaraan,” ujar Dr Vyacheslav Andianov dari Universitas Thomas Jefferson.

“Kami telah menemukan cara secara kimiawi genetika memproses tanaman tersebut agar daun tembakau dapat menghasilkan banyak minyak. Pada beberapa percobaan, tanaman modifikasi memproduksi 20 kali lebih banyak minyak pada bagian daunnya,” tambah Thomas.

Menurut penelitian daun tembakau secara umum mengandung 1,7% hingga 4% proporsi minyak dalam keadaan kering. Satu gen modifikasi yang diuji coba Andrianov dan koleganya mampu menghasilkan 6,8% minyak dalam berat kering.

Minyak bibit tembakau telah diujicoba juga di mesin diesel, tetapi ternyata bibit tembakau tidak terlalu produktif, hanya 1500kg per hektar. Meskipun ternyata akhirnya dari keseluruhan bahan tanaman, daun adalah yang terbaik.

“Berdasarkan data ini, tembakau merepresentasikan hasil menarik dan menjanjikan bagi ide tanaman energi dan dapat digunakan sebagai model utilisasi tanaman bahan bakar lainnya,” ujar Andrianov yang makalahnya diterbitkan dalam jurnal bioteknologi tanaman.

Tanaman bahan bakar biasanya membutuhkan lahan pertanian yang luas untuk menyuplai industri modern dan akan sama hal degan tembakau. Makanan tidak akan terganggu secara langsung ketika ada tanaman bahan bakar sebagaimana yang terjadi pada alkohol jagung.

Ide bahan bakar dari tembakau ini akan menuntun peralihan fungsi tembakau dari bahan makanan termasuk industri rokok kepada bahan bakar yang nilai jualnya lebih tinggi. Inilah mengapa banyak orang yang melihat bahan bakar alternatif sukses.

Petani tembakau tentunya akan berpikir banyak untuk energi alternatif ini jika memang benar-benar potensial di pasar bahan bakar. Apalagi dengan pengetatan aturan merokok dan akibat yang ditimbulkan nikotin.

Penggunaan tembakau sebagai bahan bakar industri akan menjadi pilihan tersendiri tentunya jika juga asap industri pengguna bahan bakar tembakau ramah lingkungan. [mdr]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar